Tuesday, May 9, 2017

layout dalam tampilan blender 3D

layout anda tidak bisa di ubah kembali menadi semula? ini solusinya
layout di dalam blender ada berbagai tipe dan juga fungsinya. biasanya kalau kita pertama membuka/menginstal sofware blender maka jika di jalankan, layout akan menampilkan setting default. dan jika anda mengganti settingnya menjadi animation maka tampilan layoutnya akan berubah dan juga seterusnya.

dan apa manfaatnya mengenai layout pada blender ini? jawabannya adalah biasanya orang-orang awam atau pemula akan kebingungan untuk mengembalikan settingan layoutnya entah menu yang lain hilang dan lain sebagainya.

untuk mengatasinya kita bisa membuat layout sendiri, caranya sebagai berikut : kita buat duplicate nya dari layout default caranya klik tanda "plus" pada gambar.




 lalu rename dengan nama apasaja yang mudah di ingat. misalkan "contoh" dalam gambar di bawah



 sehingga setelah anda membuat layout dengan nama anda maka tampilan jenis layout akan bertambah. dan layout yang sudah anda buat lebih baik dijadikan layout utama di dalam software blender. 

dan jangan lupa anda harus menyimpan settingan tersebut dengan cara klik file->save Startup File. maka settingan layout anda akan tersimpan. setelah menyimpan lalu jika anda  membuka ulang software blender tersebut, maka settingan layout anda akan tetap ada. dan jika pada layout anda terjadi masalah, maka anda bisa mengganti layout ke dalam layout default sebagai backup layout tersebut.


untuk tutorial selanjutnya kunjungi artikel ini

menghapus dan membuat objek

untuk tutorial sebelumnya kunjungi artikel ini

No comments:

Post a Comment