Saturday, November 26, 2016

Mengubah jarak spasi/enter dari baris pada Office Word

Sejauh ini kita sudah sedikit banyak mengenal tentang yang namanya Microsoft Office, diantaranya adalah Microsoft Office XP, Microsoft Office 2003, Microsoft Office 2007, dan terakhir yang terbaru kita kenal adalah Microsoft Office 2010. Namun, seiring berjalannya waktu dan zaman yang semakin modern, muncullah Salah satu produk baru dari Microsoft adalah Office 2013, penerus dari Office 2010 yaitu Office 2013, di sini saya akan memberitahu beberapa panduan untuk memulai menjalankan Microsoft Office 2013, dan kali ini saya akan menjelaskan cara Mengubah jarak spasi/enter dari baris di MS.Word 2013. tentunya pasti anda sudah ada yang tahu caranya, tapi ada beberapa orang yang belum tahu cara menggunakan aplikasi ini, dan berikut saya berikan panduannya beserta screenshot nya.

Mengubah jarak spasi/enter dari baris

Kali ini saya akan menjelaskan tentang cara untuk mengubah jarak dan ruang antara baris teks atau biasa kita sebut jarak spasi/enter pada baris di MS.Word 2013 atau bisa juga jarak antar paragraph untuk seluruh dokumen. Dengan ini anda bisa dengan mudah mengatur jarak sepasi/enter dengan mudah. Dan berikut panduannya.


  • Pertama-tama jika anda sudah menulis text tersebut maka blok terlebih dahulu. Lalu pilih DESIGN== > Paragraph Spacing.
  • Setelah itu akan muncul beberapa pilihan ukuran jarak yang sudah di sediakan, jika anda membutuhkan jarak yang sudah di sediakan, silahkan klik salah satu pilihan tersebut. Jika anda ingin mengatur jarak spasi dengan manual atau sesuai keinginan anda sendiri, silahkan pilih “Custom Paragraph Spacing”.
  • Setelah itu, untuk yang lebih penting terdapat pada area yang sudah saya tandakan dengan persegi. Silahkan anda atur pada text box after (tanda panah hitam) untuk menentukan ukuran jarak yang anda inginkan. Jika anda ingin menentukan ukuran spasi jarak pada paragraph silahkan pilih “left”(panah hijau) apabila Alignment tersebut di sisi kiri. Dan ada pilihan pada petunjuk kedua tanda (panah merah), untuk “Only this Document” maka settingannya hanya pada dokumen ini saja dan “New Document based on this template” settingannya berlaku pada semua dokumen dan akan di jadikan sebagai template utama pada MS.Word.




  • Atau bisa juga anda mengubah ukuran spasi/enter pada menu HOME== > Line Spacing Options, untuk pengaturan secara manual. Jika anda sudah menentukan ukuran sepasi yang telah di sediakan, silahkan klik salah satu. Dan "Add space before paragraph" untuk menambahkan/menghapus jarak spasi sebelum paragraph dan juga "remove space after paragraph"untuk menambahkan/menghapus jarak spasi sesudah paragraph.
  • Setelah anda memilih “Line Spacing Options” maka anda keluar menu “Paragraph”. Lalu anda bisa mengatur atau menginput ukuran spasi/enter pada baris(panah merah). Dan bisa di lihat secara langsung hasil yang sudah anda ubah ukurannya pada petunjuk (tanda kotak merah) tersebut. Jika anda ingin memilih ukuran ini sebagai settingan default anda, silahkan klik “Set As Default” (panah hijau).

  • Setelah itu akan muncul pilihan yaitu, Untuk "this document only?" itu hanya mengatur default hanya untuk di dokumen ini saja. dan "All document besed on the Normal template?" itu untuk semua dokumen atau akan menjadi Setting default jika anda membuka dokumen baru. lalu klik OK jika anda sudah menentukan pilihan ini.

Sekian penjelasan dari saya, terimakasih sudah membaca artikel ini. di sini saya hanya mengembangkan dan memperjelas panduan tersebut. mohon maaf jika ada kesalahan dalam artikel ini.