Saturday, November 26, 2016

tutorial Ms. Word Cara Menggunakan auto paragraph

Sejauh ini kita sudah sedikit banyak mengenal tentang yang namanya Microsoft Office, diantaranya adalah Microsoft Office XP, Microsoft Office 2003, Microsoft Office 2007, dan terakhir yang terbaru kita kenal adalah Microsoft Office 2010. Namun, seiring berjalannya waktu dan zaman yang semakin modern, muncullah Salah satu produk baru dari Microsoft adalah Office 2013, penerus dari Office 2010 yaitu Office 2013, di sini saya akan memberitahu beberapa panduan untuk memulai menjalankan Microsoft Office 2013, dan kali ini saya akan menjelaskan cara menggunakan auto paragraph di MS.Word 2013. tentunya pasti anda sudah ada yang tahu caranya, tapi ada beberapa orang yang belum tahu cara menggunakan aplikasi ini, dan berikut saya berikan panduannya beserta screenshot nya.

Cara Menggunakan auto paragraph di MS.Word 2013

Di sini saya akan menjelaskan tentang bagaimana cara memakai auto paragraph atau lebih jelasnya yaitu cara agar ketika kita memencet tombol “ENTER” pada keyboard anda, maka otomatis akan menjadi sebuah paragraph baru atau lebih jelasnya anda tidak perlu memencet “TAB” pada keyboard pada setiap awal paragraph. Dan di sini juga anda bisa mengubah yang tadinya 2 halaman yang di dalam keduanya hanya ½ dari page/lembar kertas tersebut, mungkin anda bisa menggunakan hal ini jika anda ingin menghemat kertas. Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan panduan di bawah.


  • Silahkan pilih menu “HOME” dalam sub menu “paragraph” dan klik pada tombol Show/Hide atau bisa juga tekan (Ctrl+*)
  • Setelah itu akan keluar lambang seperti ”tanda panah di bawah “ pada gambar di bawah. Dan pada awal mula, posisi  tersebut akan di paling kiri, seperti posisi normal/sebelum di “TAB”. Dan jika ingin men-Disable atau menonaktifkan kembali silahkan klik tombol Show/Hide kembali.




  • Setelah itu jika anda ingin membuat paragraph, silahkan klik kiri 2x pada posisi paragraph yang akan anda atur. atau lebih jelasnya anda harus mengatur jarak paragraph di baris utama dalam sebuah paragraph.
  • Setelah itu silahkan buat kata-kata pada paragraph tesebut sesuai yang anda butuhkan.
  • Setelah anda tekan tombol “Enter” pada keyboard, maka akan otomatis ter-setting sesuai dengan jarak paragraph yang telah anda atur. Intinya anda tidak perlu membuat paragraph baru yang harus anda tekan TAB di setiap paragraph nya.
  • Setelah itu jika anda membuat halaman baru, dan untuk membuat halaman baru untuk lebih cepatnya tekan “CTRL + Enter”, maka akan keluar tanda “-----Page Break------” pada akhir kata di sebuah halaman. Dan jika anda ingin menggabungkan menggabungkan/menarik kata dari halaman ke2 menuju halaman ke1 lalu menghapus halaman ke 2(jika kosong), maka hapus/delete tanda “-----Page Break------” tersebut dan hasilnya jarak antara paragraph 1 dan paragraph yang telah di page break, akan berbeda halaman nantinya.
  • Dan berikut hasilnya, yang tadinya sebuah text pada halaman ke 2 menjadi halaman ke 1 dan halaman ke 2 telah terhapus, karena text pada halaman ke 2 kosong atau text tersebut pas/cocok untuk 1 halaman. Untuk lebih jelas, saya menggunakan mode “Split” pada Word(panah hitam).


Sekian penjelasan dari saya, terimakasih sudah membaca artikel ini. di sini saya hanya mengembangkan dan memperjelas panduan tersebut. mohon maaf jika ada kesalahan dalam artikel ini.