Saturday, December 3, 2016

Cara membuat page number pada Ms. Word

Sejauh ini kita sudah sedikit banyak mengenal tentang yang namanya Microsoft Office, diantaranya adalah Microsoft Office XP, Microsoft Office 2003, Microsoft Office 2007, dan terakhir yang terbaru kita kenal adalah Microsoft Office 2010. Namun, seiring berjalannya waktu dan zaman yang semakin modern, muncullah Salah satu produk baru dari Microsoft adalah Office 2013, penerus dari Office 2010 yaitu Office 2013, di sini saya akan memberitahu beberapa panduan untuk memulai menjalankan Microsoft Office 2013, dan kali ini saya akan menjelaskan cara membuat page number di MS.Word 2013. tentunya pasti anda sudah ada yang tahu caranya, tapi ada beberapa orang yang belum tahu cara menggunakan aplikasi ini, dan berikut saya berikan panduannya beserta screenshot nya.

Cara membuat page number

Dalam sebuah laporan ataupun makalah, pastinya anda akan membutuhkan yang namanya page number atau penomoran pada sebuah halaman. Jika anda tidak tahu bagaimana cara membuat page number pada MS Word 2013? Di sini saya akan memberikan panduan tentang solusi untuk membuat page number pada MS Word 2013. Sebelumnya page number biasanya di tempatkan pada header atau footer dan juga dalam posisi tengah,kiri dan kanan.


  • Pertama-tama masuk ke mode header atau footer pilih INSERT== > Header and Footer, atau anda bisa klik 2x di daerah atas page/halaman.
  • Lalu pilih “Page number” pilih “Top Page” jika anda ingin memberi nomor halaman di atas halaman, dan silahkan pilih design  sesuai yang anda inginkan, contohnya saya memakai design Simple.
  • Setelah itu akan keluar page number di dalam footer atau header.
  • Jika anda ingin menformat atau mengatur jenis page number tesebut. Pilih Page Number== > Format Page Numbers.
  • Dan akan muncul menu seperti di gambar. Lalu untuk keterangannya :
Panah merah  : untuk type format apa saja yang akan anda gunakan, contohnya anda bisa memberi type selain nomor, melainkan sebuah huruf abjad atau angka romawi, itu sesuai selera anda.
Panah biru      : untuk mengatur awal dari sebuah angka/ abjad atau lain sebagainya, yang akan di mulai dari urutan tertentu sesuai yang anda telah atur. Jika anda tidak ingin mengatur urutan tersebut maka silahkan pilih yang “Continue from previous section” saja.
Sebagai contoh, saya menggunakan number format berupa huruf abjad dan memulai dari urutan ke 2 atau huruf B




  • Maka ini hasilnya jika anda memilih pengaturan. maka halaman akan mengatur sesuai setting yang sudah anda ubah.
  • Jika anda ingin membedakan type atau jenis pagenumber pada sebuah halaman dan berbeda dengan halaman yang lain, maka silahkan pilih “Different First Page” (panah merah). Dan contohnya seperti pada gambar. Di halaman 1 saya mengetik angka 1 dan halaman 2 tertulis urutan abjad ke 3 yaitu huruf C, karena pada halaman ke 1 tadi saya memulai dari urutan abjad ke 2, maka halaman ke 2 akan otomatis menjadi hurutan abjad ke 3 yaitu huruf C.



Sekian penjelasan dari saya, terimakasih sudah membaca artikel ini. di sini saya hanya mengembangkan dan memperjelas panduan tersebut. mohon maaf jika ada kesalahan dalam artikel ini.