Saturday, December 3, 2016

mengubah style beberapa page number

Sejauh ini kita sudah sedikit banyak mengenal tentang yang namanya Microsoft Office, diantaranya adalah Microsoft Office XP, Microsoft Office 2003, Microsoft Office 2007, dan terakhir yang terbaru kita kenal adalah Microsoft Office 2010. Namun, seiring berjalannya waktu dan zaman yang semakin modern, muncullah Salah satu produk baru dari Microsoft adalah Office 2013, penerus dari Office 2010 yaitu Office 2013, di sini saya akan memberitahu beberapa panduan untuk memulai menjalankan Microsoft Office 2013, dan kali ini saya akan menjelaskan cara mengubah jenis page number pada halaman tertentu di MS.Word 2013. tentunya pasti anda sudah ada yang tahu caranya, tapi ada beberapa orang yang belum tahu cara menggunakan aplikasi ini, dan berikut saya berikan panduannya beserta screenshot nya.

Cara mengubah style beberapa page number

Jika anda menggunakan page number di dalam header atau footer, tapi anda tidak menginginkan muncul pada halaman pertama. atau lebih jelasnya, halaman pertama berbeda urutan angkanya dengan halaman berikutnya atau halaman lain, seperti halaman pertama dari bab baru atau bagian. Berikut panduannya untuk memecahkan masalah ini.


  • Pertama-tama double klik atau klik 2 kali pada bagian atas page/halaman tersebut untuk masuk ke mode footer dan header. Atau bisa dengan memilih menu INSERT== > Header and Footer.
  • Setelah itu, silahkan pilih jenis page number anda, jika anda belum tahu cara membuat page number, kunjungi situs ini. Dan buat 2 halaman. Setelah itu, halaman pertama centang pada “Different first page” (panah merah) untuk bisa mengubah jenis page number atau urutan angka atau lain sebagainya tanpa harus halaman lain ikut berubah dengan setingan anda tersebut.




  • Dan jika anda ingin memulai urutan baru pada urutan halaman yang di mulai dari tengah halaman.Pada Breaks lalu buat “Next page” agar “link to previous aktif” jika anda blok pada angka atau urutan pada tengah halaman yang sudah di “Next page” tersebut.
  • Untuk sebagai contoh, saya memilih halaman ke 2 dari 3 halaman, silahkan buat 3 halaman supaya lebih jelas dalam panduan ini, karena halaman 2 bagian dari tengah halaman. Lalu klik “Link to Previous” untuk men-Disable atau menonaktifkan agar bisa memulai urutan baru tanpa ada perubahan dari halaman sebelumnya atau halaman yang di atasnya.
  • Dan berikut hasilnya, halaman 2 sebagai“2 lembar baru” dan 3 sebagai”3 lembar baru” adalah urutan baru, dan halaman 1 adalah urutan sebelumnya. Jika anda ingin mengubah halaman tengah yang sudah anda edit menjadi urutan angka “1” tinggal ubah saja, untuk lebih jelasnya, kunjungi situs ini



Sekian penjelasan dari saya, terimakasih sudah membaca artikel ini. di sini saya hanya mengembangkan dan memperjelas panduan tersebut. mohon maaf jika ada kesalahan dalam artikel ini.