Saturday, December 3, 2016

Cara Menambahkan Footer dan Header di Office Word 2013

Sejauh ini kita sudah sedikit banyak mengenal tentang yang namanya Microsoft Office, diantaranya adalah Microsoft Office XP, Microsoft Office 2003, Microsoft Office 2007, dan terakhir yang terbaru kita kenal adalah Microsoft Office 2010. Namun, seiring berjalannya waktu dan zaman yang semakin modern, muncullah Salah satu produk baru dari Microsoft adalah Office 2013, penerus dari Office 2010 yaitu Office 2013, di sini saya akan memberitahu beberapa panduan untuk memulai menjalankan Microsoft Office 2013, dan kali ini saya akan menjelaskan cara Menambahkan Footer dan Header di MS.Word 2013. tentunya pasti anda sudah ada yang tahu caranya, tapi ada beberapa orang yang belum tahu cara menggunakan aplikasi ini, dan berikut saya berikan panduannya beserta screenshot nya.

Cara Menambahkan Footer dan Header

Sebelumnya untuk yang belum tahu apa itu Header dan footer? Pastinya sudah banyak yang sudah tahu tentang hal ini, tapi juga ada yang belum tahu juga tentang Header dan Footer tersebut, nah jadi Header dan Footer adalah area di bagian atas  atau bawah, dan juga margin di setiap sisi halaman dalam dokumen, contohnya seperti membuat page number/nomor halaman pada dokumen, pastinya harus menggunakan header dan footer tersebut. Dan anda juga dapat menyesuaikan atau memilih sebuah design gaya dari pilihan di dalam header tersebut. Dan juga anda bisa menambahkan lebih banyak nomor halaman dalam sebuah header atau footer anda. Berikut panduannya.


  • Pilih menu INSERT lalu pilih bagian sub menu Header & Footer atau dalam tanda (kotak merah) tersebut.




  • Untuk sebagai contoh saja, saya memilih Header== >Blank untuk header tanpa design, dan juga semua halaman akan mempunyai header yang sama, sesuai yang anda telah atur.
  • Setelah anda memilih jenis design header tersebut, sebagai contoh saya memilih tanpa design/Blank. silahkan isi pada “[Type here]” tersebut dengan kata/angka. Jika anda ingin keluar dalam mode header, maka silahkan pilih “Close Header and Footer”.
  • Dan jika anda ingin memasuki mode header/footer lagi, maka anda klik 2 kali /Double klik di dalam (kotak merah) areh tersebut.



Sekian penjelasan dari saya, terimakasih sudah membaca artikel ini. di sini saya hanya mengembangkan dan memperjelas panduan tersebut. mohon maaf jika ada kesalahan dalam artikel ini.