Monday, July 31, 2017

makanan hewani yang mengandung protein tinggi untuk pembentukan massa otot

Setiap harinya tubuh akan selalu mengalami regenerasi sel, yaitu sel-sel yang rusak akan dihancurkan dan digantikan dengan sel yang baru, termasuk sel yang membentuk jaringan otot. Jaringan otot manusia sangat stabil, tidak akan mengalami perubahan nyata baik peningkatan maupun penurunan dalam waktu yang cepat.

Ketika sedang melakukan latihan, sel-sel otot mengalami kerusakan. Disinilah protein memainkan perannya. Untuk memperbaiki sel-sel otot yang rusak, maka proses pemulihan otot akan ditingkatkan. pada pertumbuhan massa otot. pemulihan otot berlangsung selama 24 hingga 48 jam setelah latihan. Proses inilah yang menyebabkan otot berkembang semakin besar dan semakin kuat.
intinya jika anda ingin memperbesar otot, mengkonsumsi protein sangatlah penting untuk membangun jaringan otot serta memperbaiki jaringan yang rusak.
Protein digolongkan menjadi 2 macam, yaitu :
Protein Nabati
Protein ini biasanya terdapat pada tumbuh-tumbuhan. Kita bisa mendapatkannya dari olahan kedelai seperti tahu, tempe, tofu, susu kedelai. Selain itu kacang polong, almond, brokoli, bayam, beras dan beberapa jenis tumbuhan lain dipercaya mengandung protein yang tinggi.
Protein hewani
Protein yang berasal dari hewan, seperti daging, susu sapi, susu kambing, berbagai jenis ikan, telur, keju dan masih banyak lagi.


untuk lebih jelasnya tentang jenis-jenis protein Hewani, berikut jenis-jenis protein Hewani yang di takar per 100gr  :

1. Ikan 17,76 gr
Ikan merupakan makanan tinggi protein.  Beberapa jenis ikan, seperti gindara memiliki kadar lemak yang sangat rendah. Ikan lainnya seperti salmon dan tuna memiliki kandungan lemak yang cukup banyak, namun jangan kuatir karena lemak yang terkandung di dalamnya merupakan lemak baik Omega 3.

2. Dada Ayam 29,55 gr
Kelebihan dari dada ayam adalah haraganya yang relatif murah dibanding daging lainnya. Protein yang terkandung dalam 100 gram dada ayam adalah sebanyak 26-30 gram. Berapa gram protein per hari yang kita butuhkan untuk membentuk otot? Jawabannya, tiap-tiap individu berbeda. Semuanya tergantung dari umur, jenis kelamin, tinggi badan, dan aktivitas sehari-hari. Untuk membentuk otot, diperlukan protein yang mengandung asam amino dan protein yang paling lengkap asam aminonya adalah protein hewani, salah satunya dada ayam ini. Mengapa yang dipilih harus bagian dada? Karena di bagian dada proteinnya paling tinggi dan lemaknya paling sedikit. Lemak paling tinggi terdapat pada paha dan sayap.

3. Daging domba 24,32 gr
Dalam setiap 100 gram daging domba terdapat 206 kalori, 17,1 gram protein, dan 14,8 gram lemak. Adapula 10 mg kalsium, 191 mg fosfor, 2,6 mg zat besi, 0,15 mg vitamin B1, serta 66,3 gram air.Daging domba lebih kaya protein, fosfor, zat besi, dan vitamin B1 daripada daging kambing. Walau lebih tinggi kalori dan lemak, daging domba (tanpa lemak) bisa jadi sumber protein bagi mereka yang menjalankan diet rendah lemak.

4. Daging Sapi 26,33 gr
Protein yang terkandung dalam daging dapat membantu produksi jaringan otot baru, produksi antibodi serta melindungi tubuh dari infeksi.Warna merah yang dihasilkan dari daging sapi dan kambing mengandung banyak zat besi. Zat besi inilah yang memproduksi hemoglobin yang nantinya akan mengantarkan oksigen dari darah ke seluruh sel otot.Agar lebih sehat, sebaiknya olah daging sapi menjadi sajian sup ataupun soto bening dengan tambahan sayuran. Jangan tambahkan MSG dan juga hindari konsumsi daging dengan lemak tinggi.

5. Tuna 23,38 gr
Ikan Tuna merupakan jenis ikan laut yang memiliki daging berwarna merah dan putih. Ikan ini merupakan sumber penghasil yang baik untuk  asam lemak omega 3. Selain itu ikan tuna juga mengandung banyak protein.  Dari 100 gram ikan tuna bisa menghasilkan 29 g protein.
Selain omega 3 dan protein dalam diri ikan tuna juga mengandung vitamin A dan D, kolin, kalsium, fosfos, zat besi, magnesium, serta zinc.

Telur 6,24 gr
Telur merupakan salah satu sumber protein terbaik di bumi ini. Kandungan protein dalam telur sangat mudah dicerna. Selain itu, hampir tidak ada lemak tak jenuh di dalamnya, sehingga kita bisa mendapatkan seluruh protein darinya. Dan juga kandungan kalori dalam telur juga sangat rendah.Kandungan protein disetiap 100 gram telur adalah 12,6 gram. Selain protein kita juga bisa mendapatkan nutrisi lainnya dari telur, diantaranya vitamin dan mineral, termasuk retinol [31] (vitamin A), riboflavin (vitamin B2), asam folat (vitamin B9) , vitamin B6, vitamin B12, kolin, zat besi, kalsium, fosfor dan kalium.

6. Keju 24,9 gr
Keju adalah makanan yang berasal dari susu yang diolah dengan berbagai macam rasa dan bentuk. Nilai gizi dari keju itu sendiri berbeda beda. Kandungan  protein yang terdapat dalam 100 gram keju adalah sebesar 21 gram dan kalsium sebanyak 200 mg.
Beberapa hasil study menyatakan bahwa keju dapat membantu mencegah kerusakan pada gigi. Protein, kalsium serta fosfor yang terkandung dalam keju dapat membantu melindungi email gigi

7. Susu sapi 3,22 gr
Susu sapi diketahui memiliki jumlah kalsium paling banyak dan memiliki kandungan protein dua kali lipat dibanding jenis susu lainnya. Jenis susu sapi ada dua yaitu whole (lengkap) dengan kandungan kalori dan lemak total yang lebih banyak dibandingkan dengan susu sapi skim.Dalam setiap 100 gram sajian susu sapi kita bisa mendapatkan protein 3,20 g dan kalsium sebanyak 143 mg. Masih banyak kandungan gizi lain dalam susu sapi diantaranya, lemak, vitamin, karbohidrat, fosfor, dan zat besi. Kandungan zat gizi ini sangat ampuh  sebagai makanan penambah berat badan.

8. Susu kedelai 4,48 gr
adalah semacam minuman yang dibuat dari kedelai, dan disebut susu karena minuman ini berwarna putih kekuningan mirip dengan susu. Susu ini juga dikenal sebagai susu kedelai di Indonesia. Susu kedelai lazim sebagai hidangan sarapan pagi bersama dengan penganan lainnya seperti youtiao. Susu kacang memiliki komposisi yang mirip dengan susu: 3,5% protein, 2% lemak, serta 2,9% karbohidrat.
Menurut seorang ahli nutrisi, susu kedelai bukanlah termasuk kategori susu, karena susu adalah cairan yang hanya diproduksi oleh kelenjar susu pada mamalia dan manusia.

9. Ikan Teri 28,89 gr
Makanan yang sering kali disepelekan ini (sering mendapatkan predikat “makanan rakyat”) ternyata tinggi kandungan proteinnya. Walaupun ukurannya kecil, ternyata kandungan proteinnya mencapai 10%. Selain protein, kamu juga bisa mendapatkan kalsium dari konsumsi ikan teri.
Manfaat lainnya dari protein adalah sebagai cadangan makanan dan energi dalam tubuh. Karena pentingnya fungsi protein untuk tubuh kita, maka kita perlu mencukupi kebutuhan protein setiap harinya.

10. Udang 27,59 gr

Udang kaya akan kalsium dan protein, dan termasuk dalam kategori sumber protein hewani. Kadar asam amino yang terdapat didalam udang menyebabkan nilai protein pada udang dikategorikan complete protein.

Sekian penjelasan tentang jenis-jenis makanan nabati yang terdapat banyak kandungan protein.

Referensi :
http://halosehat.com/gizi-nutrisi/panduan-gizi/35-makanan-yang-mengandung-protein-super-tinggi 
food.detik.com  
www.fatsecret.co.id

No comments:

Post a Comment