Thursday, July 27, 2017

sayuran yang mengandung banyak protein untuk membangun massa otot



Setiap harinya tubuh akan selalu mengalami regenerasi sel, yaitu sel-sel yang rusak akan dihancurkan dan digantikan dengan sel yang baru, termasuk sel yang membentuk jaringan otot. Jaringan otot manusia sangat stabil, tidak akan mengalami perubahan nyata baik peningkatan maupun penurunan dalam waktu yang cepat.
Hasil gambar untuk muscle triceps

Ketika sedang melakukan latihan, sel-sel otot mengalami kerusakan. Disinilah protein memainkan perannya. Untuk memperbaiki sel-sel otot yang rusak, maka proses pemulihan otot akan ditingkatkan. pada pertumbuhan massa otot. pemulihan otot berlangsung selama 24 hingga 48 jam setelah latihan. Proses inilah yang menyebabkan otot berkembang semakin besar dan semakin kuat.
intinya jika anda ingin memperbesar otot, mengkonsumsi protein sangatlah penting untuk membangun jaringan otot serta memperbaiki jaringan yang rusak.
Protein digolongkan menjadi 2 macam, yaitu :
Protein Nabati
Protein ini biasanya terdapat pada tumbuh-tumbuhan. Kita bisa mendapatkannya dari olahan kedelai seperti tahu, tempe, tofu, susu kedelai. Selain itu kacang polong, almond, brokoli, bayam, beras dan beberapa jenis tumbuhan lain dipercaya mengandung protein yang tinggi.
Protein hewani
Protein yang berasal dari hewan, seperti daging, susu sapi, susu kambing, berbagai jenis ikan, telur, keju dan masih banyak lagi.

untuk lebih jelasnya tentang jenis-jenis protein nabati, berikut jenis-jenis protein nabati yang di takar per 100gr  :
1. gandum 16,9 gr
Gandum adalah sereal yang banyak mengandung protein kacang-kacangan. Protein dalam gandum hampir setara dengan kualitas protein kedelai. Kadar protein dari gandum berkisar 12 sampai 24 % tertinggi di antara sereal yang lain. Protein yang terkandung dalam 100 g gandum adalah 16,9 g.
Selain protein, gandum juga banyak mengandung karbohidrat, vitamin B1, B2, B3, B5, B9, kalsium, zat besi, fosfor, magnesium, zinc.
2. beras 2,56gr
Beras merupakan makanan pokok lebih dari setengah populasi di dunia.  Ini adalah sumber energi makanan utama untuk 17 negara di Asia dan Pasifik, 9 negara di Amerika Utara dan Selatan dan 8 negara di Afrika. Beras menyediakan 20% dari pasokan energi makanan di dunia, sementara gandum memasok 19% dan jagung (corn) 5%.populasi dunia.
Sebuah analisis menyatakan bahwa nilai gizi yang terkandung dalam beras berbeda-beda tergantung jenisnya.
Sumber protein yang bisa didapat dari 100 g beras adalah sekitar 2,56 gr. Sementara kandungan gizi tertinggi yang dimiliki beras adalah karbohidrat sebanyak 80 g.
Selain kedua nutrisi tersebut, beras juga banyak mengandung vitamin B1, B2, B3, B5,B6, Magnesium, Kalsium, Fosfor, Potasium, dan Zinc. Namun harus ingat yah, nasi adalah makanan yang mengandung kalori tinggi.
3. bayam 2,86 gr
Bayam banyak mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh, dalam 100 gram bayam kita bisa mendapatkan diantara karbohidrat sebesar 2,86 g protein sebesar 2,9 g  zat besi 2,71 mg. Dan masih banyak lagi kandungan gizi dalam bayam, seperti Vitamin A, Vitamin B1, B2, B3, B6, B9, vitamin C, vitamin E, vitamin K, kalsium, fosfor, magnesium, lemak, potasium, dan zinc.
4. kacang kedelai 35,22 gr
Kacang kedelai mengandung paling banyak protein dibanding jenis polong-polongan lainnya. 100 gr kedelai yang telah dimasak memuat sekitar 35,22 gram protein. Ini setara dengan protein yang anda dapatkan dari 150 gram daging ayam.
Selain itu, setiap penyajiannya juga mengandung 17 gram karbohidrat dan 15 gram lemak, 58 persennya adalah asam lemak esensial. Kandungan seratnya juga bermanfaat bagi kesehatan pencernaan.
Kacang kedelai adalah satu dari dua sayuran yang mengandung protein nabati lengkap selain quinoa. Terlebih, polong-polongan yang satu ini bisa anda nikmati dalam berbagai bentuk, seperti tempe, tahu, serta kecap.
5. kacang hijau 5,42 gr
Kandungan protein yang lainnya bisa kita dapatkan dari kacang hijau. Dimana setiap 100 gr nya bisa menghasilkan protein sebesar 5,42 g
6. almond 21,26 gr
Almond adalah makanan padat nutrisi dan merupakan sumber yang kaya vitamin E. Ia juga kaya serat, vitamin B, mineral penting seperti magnesium, tembaga, mangan, kalsium, dan kalium serta lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda. Sedangkan kandungan protein yang terdapat dalam 100 gr almond mencapai 21,26 gr.  Hal tersebut bisa membuktikan bahwa almond merupakan jenis kacang-kacangan yang layak dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan gizi pada tubuh.
7. biji bunga matahari 19,33 gr
Biji bunga matahari yang biasa kita sebut kuaci, ternyata juga memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Dalam setiap 100 gramnya bisa menghasilkan 19,33 gr protein.  Biasa kita mengkonsumsi biji bunga ini sebagai camilan / snack.
Selain protein, biji bunga matahari juga banyak mengandung karbohidrat, vitamin, dan zat-zat berguna lainnya.
8. kacang polong 2,8 gr
Kacang polong sangat tinggi serat. Selain itu ia juga kaya protein dan vitamin lainnya. 100 gr kacang polong bisa menghasilkan protein sebanyak 2,8 gr.
9. kentang 1,87 gr
Kentang merupakan jenis umbi-umbian yang banyak mengandung vitamin dan mineral. Selain kedua kandungan tersebut,  dalam kentang kita bisa mendapatkan sumber protein yang sangat berguna bagi tubuh kita. Dalam sajian 100 gr kentang kita bisa mendapatkan manfaat 1,87gr protein kentang. Masih banyak lagi manfaat yang bisa kita temukan dalam tanaman tersebut karena ia merupakan makanan penambah darah rendah dan makanan penurun kolesterol jahat super cepat.
10. brokoli 2,82 gr
Mencari tambahan protein yang bebas lemak? Anda bisa mendapatkannya dari brokoli. Sayuran yang bentuknya mirip bonsai ini cocok menjadi pelengkap hidangan daging sapi maupun ayam. Tiap 100 gr mengandung 2,6 gram protein. Selain itu, sayuran hijau ini juga dapat memenuhi 100 persen kebutuhan vitamin C dan K harian anda. Brokoli juga merupakan sumber folat yang baik, lho.
11. jagung 3,11 gr
Jagung bukan hanya lezat tapi juga mengandung 3,11 gram protein dalam 100 gr.
12. kol 1,29 gr
Jangan remehkan sayuran ini karena dalam 100 gr terkandung 1,29 gram protein, 247 miligram potasium dan 110 mikrogram vitamin K.

Sekian penjelasan tentang jenis-jenis makanan nabati yang terdapat banyak kandungan protein.

Referensi :
http://halosehat.com/gizi-nutrisi/panduan-gizi/35-makanan-yang-mengandung-protein-super-tinggi
http://lifestyle.kompas.com/read/2014/04/14/1740594/Sayuran.yang.Mengandung.Protein.Tinggi
www.fatsecret.co.id

No comments:

Post a Comment