Friday, October 28, 2016

langkah- langkah install Linux mint 18

Bagi anda yang belum bisa menginstal Linux Mint atau anda butuh panduan instalasi dengan gambar screenshoot dari anda. Kali ini anda akan memberikan panduan dan screenshot Linux Mint versi 18 Anda dapat menginstal Linux Mint dengan menggunakan DVD, atau melewati USB flashdisk sebagai media instalasi. Sebelum anda menginstalnya ada yang perlu di perhatikan dalam instalasi tersebut anda harus memastikan spesifikasi nya, berikut penjelasanya        :

RAM                                        : 512 MB
Ruang Penyimpanan               : 9 GB
Resolusi Layar                        : 1024X768

Dan selanjutnya pastikan anda sudah mengatur boot dari CD/USB di BIOS, Berikut Panduan Instalasinya :

Silahkan tunggu beberapa detik.


  • Linux Mint ini melakukan instalasi dengan meng-klik install Linux mint yang ada di sebelah kiri dengan icon merbentuk CD/DVD





  • Anda akan menentukan bahasa apa yang akan di pakai pada saat menginstal sistem, biasanya kita menggunakan bahasa inggris
  • Selanjutnya anda akan diberikan pilihan dari instalan apakah anda ingin menginstal prangkat lunak tambahan atau tidak, jika memang tidak ada koneksi internet tidak di lakukan tidak masalah, karena instalasi perangkat tambahan butuh koneksi internet. Tapi jika anda mempunyai koneksi internet, anda bisa instal prangkat tambahan, tapi perhatikan dulu koneksi internetnya stabil atau tidak, jika tidak stabil akan menimbulkan masalah dalam instalasi tersebut.
  • Di sini installan akan memberi pilihan kepada anda, apakah anda akan memilih menghapus disk dan menginstal Linux Mint Silahkan pilih “Erase disk and install Linux Mint” tapi di peringatkan untuk pilihan ini, semua program anda termasuk dokumen,music,aplikasi dan lain-lain akan terhapus. Atau anda ingin menginstal Ubuntu ini untuk keamanan? silahkan pilih “Encrypt the new Linux Mint installation for security”. Atau anda ingin menginstal dengan mengatur partisi anda? Silahkan pilih “Use LVM with the new Linux Mint installation”. Dan jika anda ingin melakukan dual booting anda bisa pilih “something else”. Jika pilihan anda sudah yakin maka klik Continue.
  • Di sini installan akan mengatur system waktu, pilih sesuai keberadaan anda, untuk yang di indonesia pilih jakarta.
  • Di sini installan memberi pilihan keyboard layout yang artinya type keyboard apa yang anda gunakan? tentunya pasti huruf latin, maka anda pilih standar jenis keyboard yaitu English(us)/English(uk).
  • Di sini installan akan memberi pengisian profil untuk mengisi akun anda, silahkan isi sesuai profil anda.
  • Di sini proses instalan berlanjut, anda tunggu saja, biasanya instalasi ini tidak memakan waktu banyak, tergantung spek PC yang anda miliki.
  • Instalasi telah selesai. Anda bisa merestart computer anda untuk menjalankan OS Linux Mint.
  • Proses Restart
  • Di sini anda harus memasukan password dari profil yang suda anda buat tadi.
  • Dan berikut Screenshot Linux Mint yang sudah terinstal.
terimakasih sudah membaca artikel saya, mohon maaf jika ada kekurangan di artikel ini, semoga bermanfaat : )