Friday, October 28, 2016

Panduan Install Linux Ubuntu versi 15.04 dengan benar

Bagi anda yang belum bisa menginstal Linux Ubuntu atau anda butuh panduan instalasi dengan gambar screenshoot dari anda. Kali ini saya akan memberikan panduan dan screenshot Linux Ubuntu versi 15.04 Anda dapat menginstal Ubuntu dengan menggunakan DVD, atau melewati USB flashdisk sebagai media instalasi. Sebelum anda menginstalnya ada yang perlu di perhatikan dalam instalasi tersebut, Pastikan anda sudah mengatur boot dari CD/USB di BIOS, Berikut Panduan Instalasinya :

Pada menu awal, anda akan di beri pilihan bahasa dan anda juga di beri pilihan untuk memilih try Ubuntu atau install Ubuntu. Jika anda mencoba “Try Ubuntu” Anda bisa mencoba Ubuntu tanpa membuat perubahan dalam computer anda, langsung dari Driver tersebut.

Atau jika anda ingin langsung instalasi Ubuntu Silahkan klik “Install Ubuntu”.




Di sini instalasi akan mengecek apakah persyaratan driver ini sesuai dengan kondisi PC anda? Dan driver ini akan mengecek   :
-         Memiliki setidaknya 6,7 GB untuk ruang instalasi
-         terhubung ke sumber listrik
-         Terhubung ke internet
  • Di sini anda tidak memiliki koneksi internet, tapi untuk proses instalasi tidak masalah, selanjutnya klik “Continue”.
  • Di sini instalasi akan memberi pilihan kepada anda, apakah anda akan memilih menghapus disk dan menginstal Ubuntu? Silahkan pilih "Erase disk and install ubuntu" tapi di peringatkan untuk pilihan ini, semua program anda termasuk dokumen,musik, aplikasi dan lain-lain akan terhapus semua. atau anda ingin menginstall Ubuntu ini untuk keamanan? silahkan pilih "Encrypt the new Ubuntu installation for security". Atau anda ingin menginstal dengan mengatur partisi anda? silahkan pilih "Use LVM with the new Ubuntu installation" Dan jika anda ingin melakukan dual booting anda bisa pilih "something else". jika pilihan anda sudah yakin, maka klik Continue.
  • Di sini instalasi akan mengatur system waktu, pilih sesuai keberadaan anda, untuk yang di indonesia pilih jakarta.
  • Di sini instalasi memberi pilihan keyboard layout yang artinya type keyboard apa yang anda gunakan? tentunya pasti huruf latin, maka anda pilih English(us)/English(uk).
  • Di sini instalasi akan memberi pengisian profil untuk mengisi akun anda, silahkan isi sesuai profil anda.
  • Di sini proses instalasi berlanjut, anda tunggu saja, biasanya instalasi ini tidak memakan waktu banyak, tergantung spek PC yang anda miliki.
  • Akhirnya instalasi selesai. Anda harus me-restart computer anda untuk menjalankan driver yang sudah anda install.
  • Setelah di restart instalasi akan meminta anda untuk login terlebih dahulu, sesuai dengan profil yang anda isi tadi.
  • Dan berikut Screenshot ubuntu yang sudah terinstal.
Sekian dari penjelasan saya, maaf jika anda ada kekurangan dari artikel ini, semoga bermanfaat : )