Tuesday, November 8, 2016

menampilkan SYMBOL DAN EQUATION

Sejauh ini kita sudah sedikit banyak mengenal tentang yang namanya Microsoft Office, diantaranya adalah Microsoft Office XP, Microsoft Office 2003, Microsoft Office 2007, dan terakhir yang terbaru kita kenal adalah Microsoft Office 2010. Namun, seiring berjalannya waktu dan zaman yang semakin modern, muncullah Salah satu produk baru dari Microsoft adalah Office 2013, penerus dari Office 2010 yaitu Office 2013, di sini saya akan memberitahu beberapa panduan untuk memulai menjalankan Microsoft Office 2013, dan kali ini saya akan menjelaskan cara menampilkan SYMBOL DAN EQUATION. tentunya pasti anda sudah ada yang tahu caranya, tapi ada beberapa orang yang belum tahu cara menggunakan aplikasi ini, dan berikut saya berikan panduannya beserta screenshot nya. Kali ini saya akan menjelaskan tentang SYMBOL DAN EQUATION, berikut panduannya.

1. SYMBOL

Bagi sebagian orang, fitur yang berhubungan dengan symbol pastinya jarang di gunakan. Seperti halnya symbol dan equation pun umumnya di gunakan untuk penulisan rumus-rumus atau kode-kode kimia tertentu atau rumus matematika dalam Microsoft Word 2013. Untuk versi Microsoft word sebelumnya sudah menyediakan fitur symbol seperti ini, namun jumlah symbol dan equation nya masih terbatas. Dan kali ini fitur symbol yang ada di Microsoft Word 2013 cukup lengkap dan bervareasi. Berikut cara menyisipkan Symbol.
  • Pilih INSERT kemudian Klik Symbol(berada di pojok kanan atas)
  • Jika anda sudah menemukan symbol yang anda inginkan maka klik symbol tersebut. Jika anda ingin symbol yang lebih banyak dan lengkap, silahkan klik More Symbol.Setelah anda mengklik More Symbol, di sini anda bisa memilih berbagai macam symbol.Karena Symbolnya cukup banyak maka Jika ingin cepat mencari type symbol yang anda inginkan, maka klik option “subset” maka akan keluar symbol yang anda inginkan. Jika sudah silahkan klik Insert lalu Close.
  • Maka hasilnya akan keluar seperti symbol tertentu yang sudah anda pilih. contohnya pada gambar di bawah ini

2.EQUATION

Equation secara otomatis sudah ada di MS. Word 2013. Fitur ini berguna untuk menampilkan keterangan yang berhubungan dengan rumus matematika dalam Microsoft Word 2013. Berikut cara menyisipkan Equation.
  • Pilih insert lalu klik Equation yang berada di pojok kanan atas.
  • Jika di klik option yang bergambar arah panah ke bawah (sebelah kanan Equation) maka akan keluar pilihan seperti gambar di bawah. Jika anda ingin Equation yang lebih banyak silahkan klik Insert New Equation.
  • Jika sudah di klik maka akan muncul seperti gambar di bawah. Jika anda ingin memilih berbagai macam symbol silahkan klik more atau sebelah kanan pada pilihan symbol yang berbentuk strip panah ke bawah.
  • Jika sudah maka silahkan pilih symbol yang anda inginkan.
  • Jika ingin type symbol yang lain, silahkan pilih jenis kategori symbol pada pojok kanan atas, seperti "Basic Math" dan lain-lain. 
  • Jika anda ingin memasukan rumus matematika, silahkan pilih pada type symbol yang sudah di lingkari para gambar di bawah. Sebahai contoh, saya memilih Equation untuk rumus matriks, dan memilih yang “Matrices with Brackets” seperti gambar di bawah lalu klik salah satu.



  • Dan akan keluar type dengan equation matriks. cara ini lebih praktis dan cepat. Jika ingin merubah angka tersebut, silahkan klik Equation tersebut.
Sekian penjelasan dari saya, terimakasih sudah membaca artikel ini. di sini saya hanya mengembangkan dan memperjelas panduan tersebut. mohon maaf jika ada kesalahan dalam artikel ini.