Wednesday, November 9, 2016

Cara mencetak/Print File

Sejauh ini kita sudah sedikit banyak mengenal tentang yang namanya Microsoft Office, diantaranya adalah Microsoft Office XP, Microsoft Office 2003, Microsoft Office 2007, dan terakhir yang terbaru kita kenal adalah Microsoft Office 2010. Namun, seiring berjalannya waktu dan zaman yang semakin modern, muncullah Salah satu produk baru dari Microsoft adalah Office 2013, penerus dari Office 2010 yaitu Office 2013, di sini saya akan memberitahu beberapa panduan untuk memulai menjalankan Microsoft Office 2013, dan kali ini saya akan menjelaskan cara mencetak FILE. tentunya pasti anda sudah ada yang tahu caranya, tapi ada beberapa orang yang belum tahu cara menggunakan aplikasi ini, dan berikut saya berikan panduannya beserta screenshot nya.
Setelah membuat dokumen, makalah ataupun laporan, tentunya kita perlu mencetak hasil pekerjaan tersebut di kertas, ini hanya sekedar draft atau rancangan dokumen final yang sudah selesai. Kali ini saya akan menjelaskan tentang cara mencetak FILE, berikut panduannya.

MENCETAK FILE

  • Klik menu File yang ada di pojok kiri atas.
  • Pilih Print, lalu jika anda sudah yakin untuk langsung print dokumen tersebut, silahkan klik print.
  • Jika anda ingin mengatur lembaran dokumen terlebih dahulu, di bawah ini ada tanda panah untuk keterangan pada gambar di bawah sebagai berikut :

Hijau : Untuk jenis printer mana yang akan anda gunakan pada saat melakukan print. “Pastikan printer anda sudah di nyalakan dan di sambungkan ke PC anda. Biasanya jika sudah ada status Ready, berarti sudah terhubung dari Printer ke PC anda“.
Kuning : Untuk mengatur halaman berapa saja yang akan anda print, biasanya rata-rata orang menggunakan “Print All Pages” tapi jika anda ingin mencetak hanya beberapa halaman di antara semua halaman yang anda pilih, anda bisa mengetik nomor halaman di dalam lingkaran kuning.
Merah : untuk print 1 sisi atau bisa bolak balik dalam 1 lembar kertas.
Biru : untuk susunan print sesuai halaman.
Hitam : untuk mencetak kertas dengan pilihan vertical atau horizontal.
Ungu : untuk jenis kertas yang anda gunakan.
Coklat : untuk ukuran margin. Margin adalah jarak antara sebuah kalimat terhadap sisi kertas menurut saya.
Orange : untuk mengatur berapa sheet yang akan anda print dalam 1 kertas, contohnya pada panah abu-abu di gambar bawah, jika anda memilih 6 sheet, maka dalam 1 kertas ada 6 halaman yang anda print, tapi tulisannya kecil-kecil tergantung berapa sheet yang anda pilih.



  • Jika anda ingin mengatur kualitas cetakan khususnya Gambar untuk Print gambar kualitas foto di MS.Word 2013, dengan kualitas foto dari normal quality sampai ke best quality . Di sini bisa anda klik printer propertis.
  • Lalu jika anda ingin menggunakan kualitas foto terbagus, pilih media dan pilih “Photo Paper, Best Quality” untuk kualitas gambar foto yang paling bagus.
Sekian penjelasan dari saya, terimakasih sudah membaca artikel ini. di sini saya hanya mengembangkan dan memperjelas panduan tersebut. mohon maaf jika ada kesalahan dalam artikel ini.