Sejauh ini kita sudah sedikit banyak
mengenal tentang yang namanya Microsoft Office, diantaranya adalah Microsoft Office XP, Microsoft
Office 2003, Microsoft Office 2007, dan terakhir yang terbaru kita kenal adalah Microsoft
Office 2010. Namun, seiring berjalannya waktu dan zaman yang semakin modern, muncullah
Salah satu produk baru dari Microsoft adalah Office 2013, penerus dari Office 2010
yaitu Office 2013, di sini saya akan memberitahu beberapa panduan untuk
memulai menjalankan Microsoft Office 2013, dan kali ini saya akan menjelaskan
cara Memasukan tandatangan/insert a signature di MS.Word 2013. tentunya pasti anda sudah ada yang tahu caranya, tapi ada beberapa orang yang belum tahu cara
menggunakan aplikasi ini, dan berikut saya berikan panduannya beserta
screenshot nya.
cara Memasukan tandatangan/insert a
signature
jika anda di beri tugas untuk
membuat sebuah rangkaian acara atau lain sebagainya di dalam organisasi atau di
dalam kegiatan apa saja, pastinya harus ada tanda tangan dari pihak yang bersangkutan
kan? Tapi apa jadinya jika pihak yang bersangkutan menyetujui acara tersebut
tetapi tidak sempat memberi tandatangan terhadap sebuah rangkaian acara
tersebut? Tapi anda punya dokumen yang ada tandatangan pihak yang bersangkutan
tersebut. Nah, di sini saya akan memberi solusi bagai mana cara anda memindai/scan sebuah bentuk tandatangan ke dalam MS.Word 2013, dan ini juga
solusi untuk memberi tanda tangan tanpa harus bertemu dengan pihak yang
bersangkutan (tapi sebelumnya harus ada persetujuan dulu jika ingin memasukan
tandatangan kepada pihak yang bersangkutan.
Membuat dan menyisipkan tanda tangan,
pertama-tama anda perlu scan dokumen yang ada tanda tangan tersebut di mesin
scanner yang akan di simpan di PC anda dalam format bpm,gif,jpg atau png. Untuk
informasi panduan cara menggunakan scanner silahkan cari di google, pasti
banyak.
- Setelah anda scan, lalu kita masukan gambar tersebut kepada MS. Word, pilih INSERT == > Picture, lalu pilih gambar tersebut.
- Setelah itu, crop/potong gambar tersebut pada menu FORMAT== > Crop gambar tersebut.
- pastikan pada saat melakukan Crop gambar harus rapih.
- Jika anda ingin text yang sudah anda ketik atau tandatangan yang sudah anda crop akan di gunakan kembali atau yang lain sebagainya. Pilih/blok text dan gambar yang akan anda gunakan kembali , lalu pilih INSERT == > Quick Parts(tanda panah).
- Maka akan keluar menu seperti di gambar. Lalu isi box nama, dan juga Gallery pilih yang “Auto Text” sisanya terserah anda, yang penting 2 box tersebut wajib di isi. Lalu pilih ok.
- Setelah anda membuka dokumen baru atau halaman baru pada dokumen. Pilih INSERT == > Quick Parts == > Auto text (karena yang kita tadi pilih di general auto text), lalu pilih nama yang sudah anda masukan di dalam box nama pada langkah sebelumnya. Seperti contohnya saya memberi nama “contoh” maka saya tentunya pilih yang “contoh”, quick parts ini hampir sama fungsinya dengan me-load suatu data.
Sekian penjelasan dari saya, terimakasih sudah membaca artikel
ini. di sini saya hanya mengembangkan dan memperjelas panduan tersebut. mohon
maaf jika ada kesalahan dalam artikel ini.