Saturday, November 26, 2016

Cara memasukan tandatangan/insert a signature

Sejauh ini kita sudah sedikit banyak mengenal tentang yang namanya Microsoft Office, diantaranya adalah Microsoft Office XP, Microsoft Office 2003, Microsoft Office 2007, dan terakhir yang terbaru kita kenal adalah Microsoft Office 2010. Namun, seiring berjalannya waktu dan zaman yang semakin modern, muncullah Salah satu produk baru dari Microsoft adalah Office 2013, penerus dari Office 2010 yaitu Office 2013, di sini saya akan memberitahu beberapa panduan untuk memulai menjalankan Microsoft Office 2013, dan kali ini saya akan menjelaskan cara Memasukan tandatangan/insert a signature di MS.Word 2013. tentunya pasti anda sudah ada yang tahu caranya, tapi ada beberapa orang yang belum tahu cara menggunakan aplikasi ini, dan berikut saya berikan panduannya beserta screenshot nya.

cara Memasukan tandatangan/insert a signature

jika anda di beri tugas untuk membuat sebuah rangkaian acara atau lain sebagainya di dalam organisasi atau di dalam kegiatan apa saja, pastinya harus ada tanda tangan dari pihak yang bersangkutan kan? Tapi apa jadinya jika pihak yang bersangkutan menyetujui acara tersebut tetapi tidak sempat memberi tandatangan terhadap sebuah rangkaian acara tersebut? Tapi anda punya dokumen yang ada tandatangan pihak yang bersangkutan tersebut. Nah, di sini saya akan memberi solusi bagai mana cara anda memindai/scan sebuah bentuk tandatangan ke dalam MS.Word 2013, dan ini juga solusi untuk memberi tanda tangan tanpa harus bertemu dengan pihak yang bersangkutan (tapi sebelumnya harus ada persetujuan dulu jika ingin memasukan tandatangan kepada pihak yang bersangkutan.
Membuat dan menyisipkan tanda tangan, pertama-tama anda perlu scan dokumen yang ada tanda tangan tersebut di mesin scanner yang akan di simpan di PC anda dalam format bpm,gif,jpg atau png. Untuk informasi panduan cara menggunakan scanner silahkan cari di google, pasti banyak.
  • Setelah anda scan, lalu kita masukan gambar tersebut kepada MS. Word, pilih INSERT == > Picture, lalu pilih gambar tersebut.
  • Setelah itu, crop/potong gambar tersebut pada menu FORMAT== > Crop gambar tersebut.
  • pastikan pada saat melakukan Crop gambar harus rapih.
  • Jika anda ingin text yang sudah anda ketik atau tandatangan yang sudah anda crop akan di gunakan kembali atau yang lain sebagainya. Pilih/blok text dan gambar yang akan anda gunakan kembali , lalu pilih INSERT == > Quick Parts(tanda panah).


  • Maka akan keluar menu seperti di gambar. Lalu isi box nama, dan juga Gallery pilih yang “Auto Text” sisanya terserah anda, yang penting 2 box tersebut wajib di isi. Lalu pilih ok.
  • Setelah anda membuka dokumen baru atau halaman baru pada dokumen. Pilih INSERT == > Quick Parts == > Auto text (karena yang kita tadi pilih di general auto text), lalu pilih nama yang sudah anda masukan di dalam box nama pada langkah sebelumnya. Seperti contohnya saya memberi nama “contoh” maka saya tentunya pilih yang “contoh”, quick parts ini hampir sama fungsinya dengan me-load suatu data.

Sekian penjelasan dari saya, terimakasih sudah membaca artikel ini. di sini saya hanya mengembangkan dan memperjelas panduan tersebut. mohon maaf jika ada kesalahan dalam artikel ini.