Saturday, November 26, 2016

Memasukan/insert word art

Sejauh ini kita sudah sedikit banyak mengenal tentang yang namanya Microsoft Office, diantaranya adalah Microsoft Office XP, Microsoft Office 2003, Microsoft Office 2007, dan terakhir yang terbaru kita kenal adalah Microsoft Office 2010. Namun, seiring berjalannya waktu dan zaman yang semakin modern, muncullah Salah satu produk baru dari Microsoft adalah Office 2013, penerus dari Office 2010 yaitu Office 2013, di sini saya akan memberitahu beberapa panduan untuk memulai menjalankan Microsoft Office 2013, dan kali ini saya akan menjelaskan cara memasukan/insert word art di MS.Word 2013. tentunya pasti anda sudah ada yang tahu caranya, tapi ada beberapa orang yang belum tahu cara menggunakan aplikasi ini, dan berikut saya berikan panduannya beserta screenshot nya.
Insert WordArt

Memasukan WordArt atau Insert WordArt yang berfungsi untuk mengedit text dengan efek tertentu. Dengan ini anda bisa dengan lebih mudah untuk membuat sebuah text yang mempunyai efek yang indah. Dan berikut panduannya.

Cara memasukan WordArt
  • Pertama-tama pilih INSERT== > WordArt pada panah berikut, lalu akan muncul beberapa design WordArt yang sudah ada, silahkan pilih salah satu yang anda inginkan lalu klik.
  • Setelah anda memilih design WordArt yang anda inginkan, maka akan keluar tulisan text “Your text here” beserta design yang sudah anda pilih. Setelah itu anda bisa mengubah tulisan text tersebut sesuai yang anda inginkan.
  • Setelah mengubah tulisan text yang anda inginkan sebagai contoh di gambar, saya mengubah tulisan text dengan kata “LOXDI”.




  • Jika anda ingin mengubah design WordArt anda, maka ada beberapa petunjuk di gambar sebagai berikut :
Panah merah : untuk merubah jenis tampilan design WordArt anda(Seperti gambar di bawah, lihat berubahannya dengan design text pada gambar sebelumnya).
Panah biru : untuk memberi warna pada text WordArt.
Panah hitam : untuk memberi garis warna pada WordArt anda.
Panah hijau : untuk memberi berbagai bentuk/jenis gaya pada text.




  • Jika anda ingin mendesign atau mengedit WordArt secara manual, anda bisa mengklik terlebih dahulu pada sub menu Wordart Styles, dan akan keluar menu Format Shape.
  • Contohnya saya mengedit ukuran Glow pada WordArt. Size pada awalnya “0 pt” menjadi “31 pt” dan saya beri warna merah pada Glow tersebut. Maka hasilnya text akan mempunyai efek glow.
  • Nah, jika anda ingin memberi garis warna pada WordArt anda, maka silahkan pilih “Text Outline”.
  • Jika anda ingin mengubah style/gaya tampilan pada text maka pilih “Text Effect” atau pada panah di gambar. Sebagai contoh saya ingin membengkokan text, saya memilih “transform” lalu memilih pada bagian “wrap” maka hasilnya text akan seperti berbentuk setengah lingkaran.
  • Jika anda ingin mengubah rotasi pada text, anda bisa pilih bagian dalam sub menu arrage, setelah itu pilih jenis rotasi yang anda inginkan. Karna saya memilih "Rotate Left 90 derajat" maka hasilnya text akan berotasi 90 derajat ke kiri.
  • Jika ingin merotasikan text dengan manual, maka silahkan tekan mouse anda pada petunjuk lingkaran di gambar, lalu tinggal drug/memutarkan rotasi sesuai yang anda inginkan.
  • Jika text WordArt tersebut ingin di besarkan sizenya, maka anda harus ke menu Home lalu pilih font size, pilih sesuai ukuran.
  • Jika anda ingin mengubah text biasa yang sudah anda ketik terlebih dahulu menjadi sebuah “WordArt” maka blok text tersebut seperti contoh gambar di bawah, lalu pilih INSERT== > WordArt, dan pilih desin yang anda sukai, lalu klik.
Sekian penjelasan dari saya, terimakasih sudah membaca artikel ini. di sini saya hanya mengembangkan dan memperjelas panduan tersebut. mohon maaf jika ada kesalahan dalam artikel ini.