Saturday, November 26, 2016

Mengubah Kapitalisasi/Case dari sebuah text

Sejauh ini kita sudah sedikit banyak mengenal tentang yang namanya Microsoft Office, diantaranya adalah Microsoft Office XP, Microsoft Office 2003, Microsoft Office 2007, dan terakhir yang terbaru kita kenal adalah Microsoft Office 2010. Namun, seiring berjalannya waktu dan zaman yang semakin modern, muncullah Salah satu produk baru dari Microsoft adalah Office 2013, penerus dari Office 2010 yaitu Office 2013, di sini saya akan memberitahu beberapa panduan untuk memulai menjalankan Microsoft Office 2013, dan kali ini saya akan menjelaskan cara Mengubah Kapitalisasi/Case dari sebuah text di MS.Word 2013. tentunya pasti anda sudah ada yang tahu caranya, tapi ada beberapa orang yang belum tahu cara menggunakan aplikasi ini, dan berikut saya berikan panduannya beserta screenshot nya.

Mengubah kapitalisasi/case dari sebuah text

Jika anda bingung tentang bagaimana cara agar merubah huruf kecil menjadi capital? Jika anda belum membuat kalimat pastinya anda sudah tahu bagaimana mengubah huruf kapital, pastinya tekan Caps Lock di keyboard kalian kan? Tapi apa jadinya jika kita sudah membuat kalimat lalu akan mengubah huruf kecil menjadi huruf kapital? Apakah anda akan menghapus kalimat tersebut dengan huruf besar? Menurut saya tidak perlu, karena sudah ada fasilitas di MS.Word 2013 untuk mengubah huruf kecil menjadi huruf kapital dengan mudah. Berikut penjelasannya.

  • Blok dulu semua text yang akan anda kapitalisasikan pilih menu Home lalu pilih pada petunjuk di gambar.




  • Selanjutnya silahkan pilih case yang anda inginkan.
Ket :
- Sentence Case : untuk menjadikan huruf kapital dari depan sebuah kalimat.
- Lowercase : untuk mengubah semua huruf yang anda blok menjadi huruf kecil.
- Uppercase : untuk mengubah semua huruf yang anda blok menjadi huruf Kapital.
- Capitalize Each Word : untuk menjadikan awalan huruf besar dari kata di antara sebuah kalimat.
- Toggle case : untuk mengalihkan/antonim dari sebuah case, misalnya tadinya “Contoh” menjadi “cONTOH” atau “CONTOH” menjadi “contoh”.
  • dan untuk sebagai contoh, maka ini hasilnya jika anda memilih “Capitalize Each Word” dari semua pilihan case tersebut.




  • Untuk sekedar tips, jika anda ingin merubah kalimat menjadi huruf kapital kecil. Maka klik pada bagian pojok kanan bawah di dalam sub menu font.
  • Lalu pilih “small caps” untuk mengubah kata menjadi huruf kapital kecil.
Sekian penjelasan dari saya, terimakasih sudah membaca artikel ini. di sini saya hanya mengembangkan dan memperjelas panduan tersebut. mohon maaf jika ada kesalahan dalam artikel ini.