Sunday, December 25, 2016

Panduan ms.office word 2013 Cara membuat hyperlink

Sejauh ini kita sudah sedikit banyak mengenal tentang yang namanya Microsoft Office, diantaranya adalah Microsoft Office XP, Microsoft Office 2003, Microsoft Office 2007, dan terakhir yang terbaru kita kenal adalah Microsoft Office 2010. Namun, seiring berjalannya waktu dan zaman yang semakin modern, muncullah Salah satu produk baru dari Microsoft adalah Office 2013, penerus dari Office 2010 yaitu Office 2013, di sini saya akan memberitahu beberapa panduan untuk memulai menjalankan Microsoft Office 2013, dan kali ini saya akan menjelaskan cara Cara membuat hyperlink di MS.Word 2013. tentunya pasti anda sudah ada yang tahu caranya, tapi ada beberapa orang yang belum tahu cara menggunakan aplikasi ini, dan berikut saya berikan panduannya beserta screenshot nya.

Cara membuat hyperlink

Kali ini saya akan memberi panduan tentang cara membuat hyperlink pada ms.Word 2013. Hyperlink adalah cara tercepat untuk mengunjungi sebuah halaman situs atau membuka beberapa jenis file misalkan berupa gambar dan MS.Office lainnya (Ms.Exel, Ms.Word, Ms.Power Point). Selain membuat hyperlink, anda juga dapat mengedit alamat, jenis font, mengubah alamat hyperlink. Dan berikut panduannya.


  • Pertama-tama Masuk ke menu INSERT== >Links setelah itu klik “Hyperlink”.
  • Setelah itu akan keluar menu seperti gambar di bawah. Untuk sebagai contoh saya membuat hyperlink pada gambar, dengan memilih Exiting File or Web Page== > Current Folder. Lalu pilih file yang akan anda gunakan seperti hyperlink bisa berupa web, dokumen dan lain sebagainya. Jika sudah memilih file tersebut, klik OK.




  • jika sudah ada link untuk membuka Hyperlink tersebut. Tekan CTRL+Click untuk membuka/mengunjungi hyperlink tersebut.
  • Jika anda menekan CTRL+Click, sebagai contoh tadi saya membuat hyperlink berupa gambar, maka akan keluar/gambar akan terbuka
  • Jika ingin membuat hyperlink berupa dokumen dengan membuat sebuah dokumen baru. dalam menu Insert Hyperlink  pilih INSERT== > Hyperlink lalu pilih Create New Documment== > Ok
  • maka hasilnya tidak seperti Hyperlink berjenis gambar yang mempunyai url, tapi hanya sebuah text dengan warna biru.
  • Jika anda mengklik hyperlink tersebut, maka hasilnya akan seperti ini.




  • Setelah itu, jika anda igin mengedit jenis font, maka blok hyperlink yang akan anda edit, lalu silahkan edit sesuai keinginan anda. Lalu edit di bagian sub menu font untuk mengedit jenis fontnya.

Sekian penjelasan dari saya, terimakasih sudah membaca artikel ini. di sini saya hanya mengembangkan dan memperjelas panduan tersebut. mohon maaf jika ada kesalahan dalam artikel ini.