Sunday, December 25, 2016

Memasukan Screenshot ke dalam Ms.Word

Sejauh ini kita sudah sedikit banyak mengenal tentang yang namanya Microsoft Office, diantaranya adalah Microsoft Office XP, Microsoft Office 2003, Microsoft Office 2007, dan terakhir yang terbaru kita kenal adalah Microsoft Office 2010. Namun, seiring berjalannya waktu dan zaman yang semakin modern, muncullah Salah satu produk baru dari Microsoft adalah Office 2013, penerus dari Office 2010 yaitu Office 2013, di sini saya akan memberitahu beberapa panduan untuk memulai menjalankan Microsoft Office 2013, dan kali ini saya akan menjelaskan cara Memasukan Screenshot ke dalam Ms.Word di MS.Word 2013. tentunya pasti anda sudah ada yang tahu caranya, tapi ada beberapa orang yang belum tahu cara menggunakan aplikasi ini, dan berikut saya berikan panduannya beserta screenshot nya.

Memasukan Screenshot ke dalam Ms.Word

Dalam fitur Ms.Word 2013, anda dapat dengan mudah untuk menambahkan Screenshot ke dalam Ms.Word tanpa meninggalkan program yang sedang bekerja. Fitur ini juga tersedia pada Ms. Office lainnya seperti di Exel, Outlook, PowerPoint, dan Word.
CATATAN : Screenshot hanya bisa di tambahkan sekali pada setiap screenshot, yang artinya anda tidak bisa menambahkan 2 screenshot dalam 1 kali eksekusi. Jika anda ingin menambah beberapa screenshot atau lebih dari 1 screenshot tersebut, anda bisa mengulang langkah di bawah ini.


  • Pilih INSERT== >Screenshot.
  • Lalu setelah anda mengKlik Screenshot tersebut pada sub menu illustration, di situ ada “Available Windows” yaitu screenshot yang sudah ada atau screenshot yang secara otomatis sudah melakukan eksekusi sebelum anda mengklik menu Screenshot tersebut. Jika anda ingin memasukan Screenshot tersebut ke dalam dokumen anda, Klik gambar thumbnail dari jendela yang di bawah "Available Windows". Jika anda ingin menambahkan screenshot secara manual, pilih “Screen Clipping” untuk menambahkan screenshot secara manual.
  • Setelah Klik Screen Clipping, ketika layar berubah menjadi putih yang agak transparent dan pointer menjadi tanda plus “+”, tekan dan tahan tombol kiri pada mouse, lalu drag untuk memilih bagian dari layar yang  ingin anda pilih untuk mengambil sebuah gambar. Ini seperti melakukan Crop pada sebuah gambar, lebih jelasnya lihat pada gambar di bawah.





  • Setelah anda melepas tombol kiri pada mouse, maka akan secara otomatis gambar tersebut akan masuk ke dalam dokumen anda, seperti gambar di bawah.




Sekian penjelasan dari saya, terimakasih sudah membaca artikel ini. di sini saya hanya mengembangkan dan memperjelas panduan tersebut. mohon maaf jika ada kesalahan dalam artikel ini.