Sunday, December 25, 2016

Memasukan SmartArt di MS.Word 2013

Sejauh ini kita sudah sedikit banyak mengenal tentang yang namanya Microsoft Office, diantaranya adalah Microsoft Office XP, Microsoft Office 2003, Microsoft Office 2007, dan terakhir yang terbaru kita kenal adalah Microsoft Office 2010. Namun, seiring berjalannya waktu dan zaman yang semakin modern, muncullah Salah satu produk baru dari Microsoft adalah Office 2013, penerus dari Office 2010 yaitu Office 2013, di sini saya akan memberitahu beberapa panduan untuk memulai menjalankan Microsoft Office 2013, dan kali ini saya akan menjelaskan cara Memasukan SmartArt di MS.Word 2013. tentunya pasti anda sudah ada yang tahu caranya, tapi ada beberapa orang yang belum tahu cara menggunakan aplikasi ini, dan berikut saya berikan panduannya beserta screenshot nya.

Cara Memasukan SmartArt di MS.Word 2013

SmartArt Grafis adalah sebuah reprentasi visual dari sebuah informasi dan ide-ide. anda dapat membuat SmartArt Grafis dengan cepat dan mudah. SmartArt Grafis juga telah di dukung atau di kombinasikan dengan berbagai fitur seperti tema, yang dapat membantu anda untuk membuat design ilustrasi anda menjadi berkualitas dengan mudah. Untuk panduannya, silahkan lihat langkah – langkah di bawah ini.


  • Pertama-tama Pilih INSERT== >SmartArt.
  • Lalu akan muncul menu seperti gambar di bawah. Untuk keterangannya sebagai berikut :
List : Untuk menampilkan informasi secara nonsequential
Process : untuk menampilkan sebuah langkah-langkah dalam proses atau waktu
Cycle : untuk menampilkan proses yang berkelanjutan/tanpa ujung seperti sebuah siklus.
Hierarchy : untuk membuat banda Organsisasi, atau banda sebuah kompetisi.
Relationship : menggambarkan koneksi.
Matrix : untuk menunjukan bagaimana bagian tersebut berhubungan dengan keseluruhan.
Picture : seperti Hierarchy tetapi ada tambahan gambar dalam sebuah banda tersebut.
Pyramid : untuk menunjukan hubungan proporsional dengan komponen terbesar di bagian atas atau bawah, seperti piramida rantai makanan.
Setelah anda memilih jenis SmartArt Grafis tersebut, silahkan klik OK.





  • maka hasilnya akan muncul sesuai design yang telah anda pilih.
  • Untuk membuat isi text pada SmartArt, silahkan pilih “Text Pane”, lalu akan muncul keterangan Type your text here. Setelah itu silahkan isi text tersebut dengan pilih Add Shape atau bisa secara manual dengan mengetik langsung pada menu “Text Pane”.
  • Setelah anda memasukan text pada SmartArt, langkah selanjutnya adalah mendesign SmartArt dengan memilih design di dalam sub menu SmartArt Style lalu pilih pada tanda (kotak merah) untuk mengubah isi dari bentuk atau teks dengan menambahkan efek seperti bayangan, atau efek 3 dimensi. Pilih sesuai kreasi anda.





  • Setelah itu, untuk memilih jenis warnanya silahkan klik “Change Colors” lalu pilih sesuai selera anda.
  • Setelah mengubah design pada SmartArt. Kali ini kita akan mengubah jenis tampilan/layout pada SmartArt tersebut. Pilihan pada (kotak merah) untuk menampilkan beberapa tampilan/layout pada sebuah SmartArt. Silahkan pilih sesuai selera. Contohnya seperti gambar dibawah.






  • Jika anda ingin me-Reset Graphic pada SmartArt atau mengubah kembali warna,dan design SmartArt menjadi kembali seperti semula, silahkan pilih “Reset Graphic” pada menu design lalu sub menu reset. ket "untuk masuk ke menu design, anda harus klik SmartArt terlebih dahulu"
  • Untuk mengubah jenis rotasi atau arah panah menjadi kebalikannya. Pertama-tama anda menggunakan SmartArt Cycle untuk mempermudah agar anda bisa mengerti.sebelum melakukan eksekusi Lihat pada Smart Art Cycle tersebut, jika anda memperhatikan panah tersebut, panah berputar/mengarah ke kanan. Lalu Klik “Right to left”.
  • Maka rotasi/panah berputar kea rah kiri.
Sekian penjelasan dari saya, terimakasih sudah membaca artikel ini. di sini saya hanya mengembangkan dan memperjelas panduan tersebut. mohon maaf jika ada kesalahan dalam artikel ini.