Tuesday, November 15, 2016

Cara membuat Data grafik/chart

Sejauh ini kita sudah sedikit banyak mengenal tentang yang namanya Microsoft Office, diantaranya adalah Microsoft Office XP, Microsoft Office 2003, Microsoft Office 2007, dan terakhir yang terbaru kita kenal adalah Microsoft Office 2010. Namun, seiring berjalannya waktu dan zaman yang semakin modern, muncullah Salah satu produk baru dari Microsoft adalah Office 2013, penerus dari Office 2010 yaitu Office 2013, di sini saya akan memberitahu beberapa panduan untuk memulai menjalankan Microsoft Office 2013, dan kali ini saya akan menjelaskan cara membuat Data grafik/chart pada MS. Word 2013. tentunya pasti anda sudah ada yang tahu caranya, tapi ada beberapa orang yang belum tahu cara menggunakan aplikasi ini, dan berikut saya berikan panduannya beserta screenshot nya.

membuat Data grafik/chart

anda dapat membuat sebuah grafik di MS. Word. Jika anda memiliki banyak data di MS. Excel dan anda ingin membuatnya kedalam bentuk grafik di dalam MS. Word. Cara ini merupakan cara terbaik jika anda ada perubahan data dalam MS.Excel maka secara otomatis data dari grafik di MS. Word akan mencerminkan angka / data terbaru yang sudah anda ganti. Dan berikut panduannya mengenai Data grafik/chart :

  • Untuk terlebih dahulu pilih INSERT->chart pada petunjuk di gambar berikut.
  • Setelah itu silahkan pilih jenis chart apa yang akan anda pilih. Kalau di sini saya memilih jenis “Pie” saja untuk sebagai contoh. Setelah sudah memilih lalu klik OK.
  • Jika sudah mengklik ok maka akan muncul seperti gambar berikut. Di sini anda bisa mengedit data chart dari MS. Word atau jika ingin mengedit di MS.Excel silahkan klik pada petunjuk panah di gambar.


  • Jika anda mengedit data chart di MS.Excel maka akan muncul Ms.Excel. Setelah itu silahkan ubah data sesuai yang anda inginkan. Kalau sudah silahkan di close saja MS.Excel nya (tidak perlu di save).
  • Jika sudah mengedit data chart maka akan seperti gambar berikut. Jika ingin mengedit lagi maka saya akan memberikan keterangan pada symbol yang saya beri tanda panah :
Merah : Memilih bagaimana objek/gambar grafik berinteraksi dengan teks di sekitarnya, contohnya di belakang teks atau di depan teks jadi teksnya terhalang sama gambar grafik.

Biru : Menambah, menghapus atau merubah elemen grafik seperti menampilkan atau tidak ditampilkannya judul dan label data dan lain sebagainya.

Hijau : Untuk mengatur design dan sekema warna pada grafik/chart anda.

Hitam : Mengedit atau mengatur point (label) apa saja yang akan di perlihatkan pada grafik/chart anda. contohnya “malkist” bisa di tampilkan atau tidak, jika tidak di tampilkan maka label “malkist” tersebut tidak ada pada grafik.


Sekian penjelasan dari saya, terimakasih sudah membaca artikel ini. di sini saya hanya mengembangkan dan memperjelas panduan tersebut. mohon maaf jika ada kesalahan dalam artikel ini.