Thursday, March 9, 2017

cara melakukan pull up bagi pemula

Pada kesempatan ini, saya akan menjelaskan tentang cara agar bisa pull up bagi para pemula,bahkan yang tidak dapat mengangkat badan pun akan bisa melakukannya dengan membaca tips dari saya.

Pull up merupakan gerakan yang menggunakan otot lengan dan punggung, gerakan pull up sangat sederhana, dengan cara menarik badan ke atas. Namun sedikit orang yang bisa melakukan gerakan ini. Dibandingkat gerakan push up, gerakan pull up ini lebih sulit dari yang anda kira, karena gerakan ini mengangkat tubuh kita sendiri. Mungkin sebagian orang ingin bisa melakukan gerakan ini, khususnya bagi anda yang ingin masuk tentara atau polisi. Meskipun gerakan pull up ini sulit untuk di lakukan, namun terdapat segudang manfaat bagi kesehatan tubuh anda, dan juga dapat meningkatkan percaya diri anda.


Berikut cara agar bisa pull up bagi anda yang tidak bisa pull up :

  • pertama-tama cari tiang pull up atau bisa juga dengan cara lain, seperti ganggang pintu atau yang lainnya, yang penting tubuh anda dengan posisi bergelantungan.
  • setelah sudah mencari tiang pull up atau yang lainnya agar anda bisa bergelantungan. Usahakan posisi tubuh dalam keadaan bergelantungan.
  • perhatikan posisi tangan dan jari anda. untuk memegang tiang pull up, pada gambar di bawah menjelaskan untuk posisi yang benar ialah”bar across fingers” atau dapat di jelaskan dengan posisi lengan menggenggam dengan jari. Sedangkan yang salah “bar across palm” yaitu menggenggam tiang pull up menggunakan telapak tangan, maka akibatnya telapak tangan akan menjadi kapalan.


  • jika posisi sudah benar. Lalu anda bergantung minimal 30 detik dan maximal sekuatnya.
  • lakukan 5 set dengan istirahat 1 menit


Jika anda melakukannya setiap hari, kalo bisa abis bangun tidur langsung melakukan gerakan ini. Karena dulu saya sendiri juga belum bisa pull up, bahkan mengangkatnya pun tidak bisa. Setelah saya mencoba cara ini, kira-kira 2 minggu tiap pagi saya bergelantungan. Dan akhirnya bisa juga mengangkat, walaupun hanya 1 kali angkat saja rasanya sudah bangga. Sampai sekarang saya bisa melakukan  9 repetisi. Nah begitu juga dengan anda, lakukanlah gerakan ini setiap hari, karena proses ini tidak perlu memakan waktu yang banyak. dan ini adalah cara yang paling efektif dan juga cara cepat bisa pull up untuk pemula menurut saya.



Oke sekian dulu penjelasan tentang cara melakukan pull up bagi pemula yang belum bisa sama sekali, bahkan mengangkat badan pun tidak bisa. Karena metode ini sudah saya coba, dan ternyata berhasil. Jadi saya harus menyebarkan metode ini, agar bisa bermanfaat bagi anda semua. Dan mohon maaf apabila ada kekurangan dari artikel ini. Terimakasih : )